RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
Satuan Pendidikan :
SD N 1 Wonosobo
Kelas/Semester : IV/II(Dua)
Tema/Sub Tema : 6. Indahnya
Negeriku/3. Indahnya Peninggalan Sejarah
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari (45
Menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Kompetensi Dasar
Matematika
3.14 Menentukan hubungan antara satuan dan atribut
pengukuran termasuk luas dan keliling bangun datar.
Indikator
3.14.2 Menghitung luas bangun datar dari pola geometri hasil kreasinya melalui
kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan
tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang
lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
3.4.2
Menemukan informasi khusus dari teks tentang candi borobudur melalui
kegiatan membaca dan mengidentifikasi gagasan utama pada setiap paragraf.
4.4.2
Menuliskan ringkasan cerita tentang candi
borobudur.
SBdP
3.4 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif.
Indikator
3.4.2 Menemukan dan menjelaskan alur cara dan
pengolahan media karya kreatif melalui tulisan.
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui
kegiatan membaca dan mengidentifikasi gagasan utama pada setiap paragraf, siswa
mampu menemukan informasi khusus dari teks tentang candi Borobudur.
2.
Melalui
kegiatan membaca, siswa mampu menuliskan ringkasan cerita tentang candi
Borobudur.
3.
Melalui
kegiatan eksplorasi, siswa mampu menghitung luas persegi dan persegi panjang
dari pola geometri hasil kreasinya.
4.
Dengan
kegiatan eksplorasi, siswa mampu berkreasi membuat pola geometri dengan tepat.
D. Materi Pembelajaran
1.
Luas dan keliling persegi dan persegi panjang
2.
Teks cerita
3.
Pengolahan karya seni kreatif
E. Metode, Strategi dan Pendekatan Pembelajaran
1.
Metode :
Diskusi, tanya jawab, ekplorasi
2.
Strategi :
Example for
example
3.
Pendekatan :
Scientific (mengamati, mengumpulkan informasi,
eksperimen,
mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan).
F.
Media, Alat dan Sumber Belajar
Media:
1.
Gambar peninggalan sejarah
2.
Bentuk bangun datar ( Kertas )
Alat:
1.
Kertas asturo
2.
Sterofom
3.
Crayon
Sumber
Belajar :
1.
Buku Tematik guru
2.
Buku Tematik siswa
Afriki, dkk. 2013. Buku Guru Tema 6: Indahnya
Negeriku. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memasuki kelas dan mengucapkan salam
2. Guru mengkondisikan siswa siswa agar siap
untuk mengikuti proses pembelajaran
3. Guru mengajak siswa berdo`a dengan khusuk menurut
agama dan keyakinan masing-masing.
4. Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
,menyapa siswa
dan menanyakan kabar mereka, bagaimana perasaan mereka hari ini.
5. Guru memberi motivasi kepada siswa agar
semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
6. Mengulang materi
sebelumnya
7. Bertanya jawab tentang
indahnya negeriku dari siswa
8. Guru menjelaskan apa
kegiatan yang akan mereka lakukan hari.
9. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
10. Menginformasikan tema
yang akan dibelajarkan yaitu tentang indahnya negeriku.
11. Siswa
diminta atau dibagikan kelompok
12. Guru
memberikan teks tentang candi Borobudur
13. Guru
menanyakan paragraph utama pada setiap paragraph yang ada dalam teks candi
Borobudur.
14. Guru
menunjukkan gambar persegi dan persegi panjang pada terdapat pada bangunan
candi Borobudur.
|
15 menit
|
1.
Guru menjelaskan materi bangun datar dan macam macam bangun datar
2.
Guru menjelaskan ciri ciri bangun datar
3.
Guru menjelaskan rumus luas dan keliling
dari bangun datar
4.
Siswa diberikan bentuk bentuk bangun
datar dan menempelkan didepan kelas
5.
Guru memberikan contoh soal dan penyelesaiannya
6.
Guru memberikan latihan soal pada siswa
untuk dikerjakan sendiri (mencoba), tiap kelompok perwakilan satu
7.
Guru memberikan hadiah pada siswa yang
maju kedepan.(mengapresiasi)
8.
Guru menggunakan alat peraga seterofom
yang sudah ada sketsa gambar candi dibuat puzzle
9.
Siswa diminta menerapkan potongan puzzle
supaya berbentuk dari salah satu bangun datar ( menalar)
10. Guru
menjelaskan bangun datar yang ada di sketsa gambar candi.
11. Guru
menjelaskan manfaat dari peninggalan sejarah
|
15 menit
|
|
Penutup
|
1. Guru membagikan gambar peninggalan sejarah pada
siswa
2. Siswa mewarnai gambar sketa yang diberikan guru yang
berbentuk bangun datar saja.
3. Siswa menyebutkan bangun datar apa saja yang ada
disketsa gambar
4. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hail ketercapaian materi)
5. Melakukan penilaian hasil belajar.
6. Memeberikan ice breaking pada
siswa.
7. Menginformasikan
kegiatan belajar yang akan datang
8. Mengajak
semua siswa berdoa (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran).
9. Guru melakukan refleksi terhadap penyampaian materi
pada hari ini.
|
15 menit
|
H. Tahap Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian sikap : percaya diri, disiplin, dan peduli
lingkungan
b. Unjuk kerja :
membuat kreasi bangun datar denagn gambar peninggalan
sejarah.
c. Penilaian pengetahuan : latihan tertulis dan mengerjakan lembar
kerjabuku siswa (halaman: 9-10)
2.
Bentuk Instrumen
Penilaian : format pengamatan,
isian
Surakarta,
06 Mei 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
kelas
I. Lampiran
1.
Materi
v
Persegi ( Bujur Sangkar )

Persegi
adalah bangun datar yang dibatasi 4 sisi yang sama panjang.
Pada bangun datar
persegi, mempunyai sifat-sifat diantaranya :
a. Memiliki
4 sisi dan 4 titik sudut
b. Memiliki
2 pasang sisi yang sejajar dan sama panjang
c. Keempat
sisinya sama panjang
d. Keempat
Sudutnya sama besar yaitu 90 derajat (siku-siku)
e. Memiliki
4 simetri lipat
f. Memiliki
simetri putar tingkat 4
Rumus
Keliling Persegi
K= 4 x sisi
Rumus
Luas Persegi
L= sisi x sisi
v Persegi Panjang
![]() |
Persegi panjang adalah bangun datar dua dimensi yang
dibentuk oleh dua pasang rusuk yang
masing-masing sama panjang dan sejajar .
Pada bangun datar persegi panjang, mempunyai
sifat-sifat diantaranya :
a. Memiliki
4 sisi dan 4 titik sudut
b. Memiliki
2 pasang sisi sejajar, berhadapan dan sama panjang
c. Memiliki
4 sudut yang besarnya 90 derajat
d. Keempat
sudutnya siku-siku
e. Memiliki
2 diagonal yang sama panjang
f. Memiliki
2 simetri lipat
g. Memiliki
Simetri putar tingkat 2
Rumus keliling persegi panjang
K= 2 x (p+l)
Rumus
luas persegi panjang
L= pxl
2.
Soal Evaluasi
3.
Format Penilaia
Tugas Bahasa Indonesia : keaktifan
dalam diskusi tentang bangun datar.
No
|
Nama
|
Nilai
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
7
|
|
|
8
|
|
|
9
|
|
|
10
|
|
|
11
|
|
|
12
|
|
|
13
|
|
|
14
|
|
|
15
|
|
|
16
|
|
|
17
|
|
|
18
|
|
|
19
|
|
|
20
|
|
|
•
Matematika: Menghitung Luas dan Keliling, bangun datar
No
|
Nama
|
Nilai
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
7
|
|
|
8
|
|
|
9
|
|
|
10
|
|
|
11
|
|
|
12
|
|
|
13
|
|
|
14
|
|
|
15
|
|
|
16
|
|
|
17
|
|
|
18
|
|
|
19
|
|
|
20
|
|
|
•
Tugas SBdP : mewarnai sketsa gambar peninggalan sejarah yang
memiliki bentuk bangun datar, diperiksa dan diskor
No
|
Nama
|
Nilai
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
7
|
|
|
8
|
|
|
9
|
|
|
10
|
|
|
11
|
|
|
12
|
|
|
13
|
|
|
14
|
|
|
15
|
|
|
16
|
|
|
17
|
|
|
18
|
|
|
19
|
|
|
20
|
|
|
Keterangan
:
Nilai
sikap :
•
Nilai
1 : Belum terlihat (Perlu Bimbingan)
•
Nilai 2: Terlihat (perlu
ditumbuhkan)
•
Nilai 3: Menonjol (sudah memiliki )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar