SILABUS MATA KULIAH
Program Studi :
S1 PGSD
Kode Mata Kuliah :
405302
Nama Mata Kuliah :
Pendidikan IPA di SD
Jumlah SKS :
2 (dua)
Semester :
IV (empat)
Mata Kuliah Pra Syarat : Konsep Dasar IPA dan Pengembangan Pembelajaran IPA
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah Pendidikan IPA di SD merupakan suatu
disiplin ilmu yang membekali mahasiswa progdi PGSD dalam melaksanakan proses
pembelajaran IPA di SD. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu
merancang proses pembelajaran IPA yang aktik, inovatif, efektif, dan bermakna
bagi peserta didik. Untuk itu, mata kuliah ini terdiri dari materi sebagai
berikut: Hakikat IPA, Hakikat Pembelajaran IPA, Teori-teori Pembelajaran IPA di
SD, Pendekatan-pendekatan dalam Pembelajaran IPA di SD, Model-model Pembelajaran
IPA, Asesmen dalam Pembelajaran IPA SD, Perancangan Media Pembelajaran IPA di
SD.
Diharapkan dari semua materi dalam mata kuliah
Pendidikan IPA SD ini dapat membentuk kerangka berfikir mahasiswa sebagai calon
pendidik di Sekolah Dasar.
Standar kompetensi :Mahasiswa mampu memahami hakikat IPA dan pembelajaran
IPA SD beserta rancangan pembelajaran IPA secara komprehensif sebagai bekal
utama dalam melakukan pembelajaran IPA SD yang aktif, inovatif, kreatif,
efektif, dan bermakna bagi peserta didik.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengalaman Pembelajaran
|
Materi Ajar
|
Waktu
|
Alat/Bahan/Sumber Belajar
|
Penilaian
|
1.
Mahasiswa
mampu memahami hakikat IPA sebagai produk dan proses
|
·
Mengetahui
dan memahami hakikat IPA sebagai produk
·
Mengetahui
dan memahami hakikat IPA sebagai proses
·
Mengetahui
dan memahami hakikat IPA sebagai disiplin ilmu
|
Mengkaji dan
mendiskusikan hakikat IPA dengan realitas yang ada
|
·
Hakikat
IPA sebagai produk
·
Hakikat
IPA sebagai proses
·
Hakikat
IPA sebagai disiplin ilmu
|
100 menit
|
·
Pendidikan
IPA di SD: Srini M. Iskandar
·
Pendidikan
IPA: Usman Samatowa
·
Pendidikan
IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
|
· Mind Mapping
· Lembar diskusi
|
2.
Mahasiswa
mampu memahami hakikat pembelajaran IPA di SD
|
·
Menjelaskan
hakikat pembelajaran IPA di SD
·
Mendeskripsika
kondisi pembelajaran IPA di SD
·
Mengetahui
dan Memahami IPA untuk SD
|
Menganalisis
dan mendiskusikan hakikat pembelajaran IPA di SD dengan implementasi
pembelajaran IPA saat ini
|
·
Hakikat
pembelajaran IPA
·
Kondisi
pembelajaran IPA di SD
·
IPA
untuk SD
|
100 menit
|
·
Pendidikan
IPA di SD: Srini M. Iskandar
·
Pendidikan
IPA: Usman Samatowa
·
Pendidikan
IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
|
· Portofolio
· Tes tulis
|
3.
Mahasiswa
mampu mengetahui, memahami dan menerapkan teori-teori belajar dalam
pembelajaran IPA di SD
|
·
Mengetahui,
memahami, dan menerapkan teori belajar Piaget
|
· Mengkaji teori Piaget dan implementasinya pada pembelajaran IPA di SD
· Merancang pembelajaran IPA SD yang berbasis
pada teori Piaget
|
Teori Piaget
|
100 menit
|
·
Pendidikan
IPA di SD: Srini M. Iskandar
·
Pendidikan
IPA: Usman Samatowa
·
Pendidikan
IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
|
· Portofolio
· Tes
|
·
Mengetahui,
memahami, dan menerapkan teori belajar Kontruktivisme
|
· Mengkaji teori konstruktivisme dan implementasinya pada pembelajaran IPA di SD
· Merancang pembelajaran IPA SD yang
berbais pada teori Konstruktivisme
|
Teori Konstruktivisme
|
100 menit
|
·
Pendidikan
IPA di SD: Srini M. Iskandar
·
Pendidikan
IPA: Usman Samatowa
·
Pendidikan
IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
|
· Portofolio
· Tes
|
|
4.
Mahasiswa
mampu mengetahui, memahami, dan menerapkan pendekatan-pendekatan pembelajaran
IPA di SD
|
·
Mengetahui,
memahami, dan menerapkan Pendekatan keterampilan proses
|
· Mengkaji Pendekatan keterampilan proses
dan implementasinya pada pembelajaran
IPA di SD
· Merancang pembelajaran IPA SD yang
berbais pada pendekatan keterampilan proses
|
Pendekatan keterampilan proses
|
100 menit
|
·
Pendidikan
IPA di SD: Srini M. Iskandar
·
Pendidikan
IPA: Usman Samatowa
·
Pendidikan
IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
|
· Portofolio
· Lembar diskusi
· Tes tulis
|
·
Mengetahui,
memahami, dan menerapkan pendekatan inkuiri
|
· Mengkaji Pendekatan Inkuiri dan implementasinya pada pembelajaran IPA di SD
· Merancang pembelajaran IPA SD yang
berbais pada Pendekatan Inkuiri
|
Pendekatan
Inkuiri
|
100 menit
|
·
Pendidikan
IPA di SD: Srini M. Iskandar
·
Pendidikan
IPA: Usman Samatowa
·
Pendidikan
IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
|
· Portofolio
· Lembar diskusi
· Tes tulis
|
|
·
Mengetahui,
memahami, dan menerapkan pendekatan STM (sains Teknologi Masyarakat)
|
· Mengkaji Pendekatan STM dan implementasinya pada pembelajaran IPA di SD
· Merancang pembelajaran IPA SD yang
berbasis pada Pendekatan STM
|
Pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat)
|
100 menit
|
·
Pendidikan
IPA di SD: Srini M. Iskandar
·
Pendidikan
IPA: Usman Samatowa
·
Pendidikan
IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
|
· Portofolio
· Lembar diskusi
· Tes tulis
|
|
5.
Mahasiswa
mampu mengetahui dan memahami model-model pembelajaran IPA SD
|
Mengetahui dan
memahami model pembelajaran IPA, model pembelajaran interaktif, dan model
pembelajaran terpadu
|
· Mengkaji model pembelajaran IPA, model
pembelajaran interaktif, model pembelajaran terpadu dan implementasinya pada pembelajaran IPA di SD
· Merancang pembelajaran IPA SD yang berbasis
pada salah satu model pembelajaran
|
§
Model
pembelajaran IPA
§
Model
pembelajaran interaktif
§
Model
pembelajaran terpadu
|
100 menit
|
·
Pendidikan
IPA di SD: Srini M. Iskandar
·
Pendidikan
IPA: Usman Samatowa
·
Pendidikan
IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
|
· Portofolio
· Lembar diskusi
|
Mengetahui dan
memahami model pembelajaran siklus belajar dan model pembelajaran belajar
IPA/ CLIS (Children Learning in Science)
|
· Mengkaji model pembelajaran pembelajaran
siklus belajar dan model pembelajaran belajar IPA/ CLIS (Children Learning
in Science) dan implementasinya
pada pembelajaran IPA di SD
· Merancang pembelajaran IPA SD yang berbasis
pada salah satu model pembelajaran
|
·
Model
pembelajaran siklus belajar
·
Model
pembelajaran belajar IPA/ CLIS (Children Learning in Science)
|
100 menit
|
·
Pendidikan
IPA di SD: Srini M. Iskandar
·
Pendidikan
IPA: Usman Samatowa
·
Pendidikan
IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
|
· Portofolio
· Lembar diskusi
|
|
6. Mahasiswa mampu mengetahui dan
memahami asesmen dalam pembelajaran IPA di SD
|
Mengetahui dan
memahami fungsi, jenis dan peranan asesmen
|
· Mengkaji dan mendiskusikan fungsi, jenis
dan peranan asesmen
|
·
Fungsi
asesmen
·
Jenis
asesmen
·
Peranan
asesmen
|
100 menit
|
·
Pendidikan
IPA di SD: Srini M. Iskandar
·
Pendidikan
IPA: Usman Samatowa
·
Pendidikan
IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
|
· Peta konsep
· Lembar diskusi
· Portofolio
|
Mengetahui dan
memahami asesmen ranah kognitif, afektif dan psikomotor
|
· Mengkaji dan mendiskusikan asesmen ranah
kognitif, afektif dan psikomotor
|
·
Asesmen
ranah kognitif
·
Asesmen
ranah afektif
·
Asesmen
ranah psikomotor
|
100 menit
|
·
Pendidikan
IPA di SD: Srini M. Iskandar
·
Pendidikan
IPA: Usman Samatowa
·
Pendidikan
IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
|
· Peta konsep
· Lembar diskusi
· Portofolio
|
|
7. Mahasiswa mampu merancang dan
mendemonstrasikan media pembelajaran IPA di SD
|
·
Merancang
media pembelajaran IPA SD
·
Memanfaatkan
barang-barang bekas yang diambil dari lingkungan untuk pembelajaran IPA SD
·
Mempresentaikan
media pembelajaran IPA yang sudah dibuat
|
Mempresentasikan dan mendemonstraikan media pembelajaran IPA SD
|
·
Rancangan
media pembelajaran IPA SD
|
300 menit
(3 kali
pertemuan)
|
Asyiknya
meneliti sains jilid 1, 2, dan 3 : Dr. Tik L. Liem
|
· Lembar kinerja
· Portofolio
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar