Jumat, 04 Juli 2014

Silabus Mata Kuliah Pendidikan IPA

SILABUS MATA KULIAH
Program Studi                       : S1 PGSD
Kode Mata Kuliah                : 405302
Nama Mata Kuliah               : Pendidikan IPA di SD
Jumlah SKS                           : 2 (dua)
Semester                                 : IV (empat)
Mata Kuliah Pra Syarat       : Konsep Dasar IPA dan Pengembangan Pembelajaran IPA
Deskripsi Mata Kuliah         : Mata kuliah Pendidikan IPA di SD merupakan suatu disiplin ilmu yang membekali mahasiswa progdi PGSD dalam melaksanakan proses pembelajaran IPA di SD. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu merancang proses pembelajaran IPA yang aktik, inovatif, efektif, dan bermakna bagi peserta didik. Untuk itu, mata kuliah ini terdiri dari materi sebagai berikut: Hakikat IPA, Hakikat Pembelajaran IPA, Teori-teori Pembelajaran IPA di SD, Pendekatan-pendekatan dalam Pembelajaran IPA di SD, Model-model Pembelajaran IPA, Asesmen dalam Pembelajaran IPA SD, Perancangan Media Pembelajaran IPA di SD.
Diharapkan dari semua materi dalam mata kuliah Pendidikan IPA SD ini dapat membentuk kerangka berfikir mahasiswa sebagai calon pendidik di Sekolah Dasar.
Standar kompetensi              :Mahasiswa mampu memahami hakikat IPA dan pembelajaran IPA SD beserta rancangan pembelajaran IPA secara komprehensif sebagai bekal utama dalam melakukan pembelajaran IPA SD yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan bermakna bagi peserta didik.

Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
1.      Mahasiswa mampu memahami hakikat IPA sebagai produk dan proses
·     Mengetahui dan memahami hakikat IPA sebagai produk
·     Mengetahui dan memahami hakikat IPA sebagai proses
·     Mengetahui dan memahami hakikat IPA sebagai disiplin ilmu
Mengkaji dan mendiskusikan hakikat IPA dengan realitas yang ada
·         Hakikat IPA sebagai produk
·         Hakikat IPA sebagai proses
·         Hakikat IPA sebagai disiplin ilmu
100 menit
·     Pendidikan IPA di SD: Srini M. Iskandar
·     Pendidikan IPA: Usman Samatowa
·     Pendidikan IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
·   Mind Mapping
·   Lembar diskusi
2.      Mahasiswa mampu memahami hakikat pembelajaran IPA di SD

·     Menjelaskan hakikat pembelajaran IPA di SD
·     Mendeskripsika kondisi pembelajaran IPA di SD
·     Mengetahui dan Memahami IPA untuk SD
Menganalisis dan mendiskusikan hakikat pembelajaran IPA di SD dengan implementasi pembelajaran IPA saat ini
·     Hakikat pembelajaran IPA
·     Kondisi pembelajaran IPA di SD
·     IPA untuk SD
100 menit
·     Pendidikan IPA di SD: Srini M. Iskandar
·     Pendidikan IPA: Usman Samatowa
·     Pendidikan IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
·   Portofolio
·   Tes tulis
3.      Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menerapkan teori-teori belajar dalam pembelajaran IPA di SD

·     Mengetahui, memahami, dan menerapkan teori belajar Piaget

·   Mengkaji teori Piaget dan  implementasinya pada pembelajaran IPA di SD
·   Merancang pembelajaran IPA SD yang berbasis pada teori Piaget
Teori Piaget
100 menit
·     Pendidikan IPA di SD: Srini M. Iskandar
·     Pendidikan IPA: Usman Samatowa
·     Pendidikan IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
·   Portofolio
·   Tes
·     Mengetahui, memahami, dan menerapkan teori belajar Kontruktivisme
·   Mengkaji teori konstruktivisme dan  implementasinya pada pembelajaran IPA di SD
·   Merancang pembelajaran IPA SD yang berbais pada teori Konstruktivisme


Teori Konstruktivisme
100 menit
·     Pendidikan IPA di SD: Srini M. Iskandar
·     Pendidikan IPA: Usman Samatowa
·     Pendidikan IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
·   Portofolio
·   Tes
4.      Mahasiswa mampu mengetahui, memahami, dan menerapkan pendekatan-pendekatan pembelajaran IPA di SD

·     Mengetahui, memahami, dan menerapkan Pendekatan keterampilan proses
·   Mengkaji Pendekatan keterampilan proses dan  implementasinya pada pembelajaran IPA di SD
·   Merancang pembelajaran IPA SD yang berbais pada pendekatan keterampilan proses
Pendekatan keterampilan proses
100 menit
·     Pendidikan IPA di SD: Srini M. Iskandar
·     Pendidikan IPA: Usman Samatowa
·     Pendidikan IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
·   Portofolio
·   Lembar diskusi
·   Tes tulis

·     Mengetahui, memahami, dan menerapkan pendekatan inkuiri
·   Mengkaji Pendekatan Inkuiri dan  implementasinya pada pembelajaran IPA di SD
·   Merancang pembelajaran IPA SD yang berbais pada Pendekatan Inkuiri
Pendekatan Inkuiri
100 menit
·     Pendidikan IPA di SD: Srini M. Iskandar
·     Pendidikan IPA: Usman Samatowa
·     Pendidikan IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
·   Portofolio
·   Lembar diskusi
·   Tes tulis

·     Mengetahui, memahami, dan menerapkan pendekatan STM (sains Teknologi Masyarakat)
·   Mengkaji Pendekatan STM dan  implementasinya pada pembelajaran IPA di SD
·   Merancang pembelajaran IPA SD yang berbasis pada Pendekatan STM
Pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat)
100 menit
·     Pendidikan IPA di SD: Srini M. Iskandar
·     Pendidikan IPA: Usman Samatowa
·     Pendidikan IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
·   Portofolio
·   Lembar diskusi
·   Tes tulis

5.      Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami model-model pembelajaran IPA SD
Mengetahui dan memahami model pembelajaran IPA, model pembelajaran interaktif, dan model pembelajaran terpadu
·   Mengkaji model pembelajaran IPA, model pembelajaran interaktif, model pembelajaran terpadu dan  implementasinya pada pembelajaran IPA di SD
·   Merancang pembelajaran IPA SD yang berbasis pada salah satu model pembelajaran
§  Model pembelajaran IPA
§  Model pembelajaran interaktif
§  Model pembelajaran terpadu
100 menit
·     Pendidikan IPA di SD: Srini M. Iskandar
·     Pendidikan IPA: Usman Samatowa
·     Pendidikan IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
·   Portofolio
·   Lembar diskusi

Mengetahui dan memahami model pembelajaran siklus belajar dan model pembelajaran belajar IPA/ CLIS (Children Learning in Science)
·   Mengkaji model pembelajaran pembelajaran siklus belajar dan model pembelajaran belajar IPA/ CLIS (Children Learning in Science) dan  implementasinya pada pembelajaran IPA di SD
·   Merancang pembelajaran IPA SD yang berbasis pada salah satu model pembelajaran
·     Model pembelajaran siklus belajar
·     Model pembelajaran belajar IPA/ CLIS (Children Learning in Science)
100 menit
·     Pendidikan IPA di SD: Srini M. Iskandar
·     Pendidikan IPA: Usman Samatowa
·     Pendidikan IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
·   Portofolio
·   Lembar diskusi

6. Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami asesmen dalam pembelajaran IPA di SD

Mengetahui dan memahami fungsi, jenis dan peranan asesmen
·   Mengkaji dan mendiskusikan fungsi, jenis dan peranan asesmen
·     Fungsi asesmen
·     Jenis asesmen
·     Peranan asesmen
100 menit
·     Pendidikan IPA di SD: Srini M. Iskandar
·     Pendidikan IPA: Usman Samatowa
·     Pendidikan IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI
·   Peta konsep
·   Lembar diskusi
·   Portofolio
Mengetahui dan memahami asesmen ranah kognitif, afektif dan psikomotor
·   Mengkaji dan mendiskusikan asesmen ranah kognitif, afektif dan psikomotor
·     Asesmen ranah kognitif
·     Asesmen ranah afektif
·     Asesmen ranah psikomotor
100 menit
·     Pendidikan IPA di SD: Srini M. Iskandar
·     Pendidikan IPA: Usman Samatowa
·     Pendidikan IPA: Bahan Belajar Mandiri UPI




·   Peta konsep
·   Lembar diskusi
·   Portofolio
7. Mahasiswa mampu merancang dan mendemonstrasikan media pembelajaran IPA di SD

·     Merancang media pembelajaran IPA SD
·     Memanfaatkan barang-barang bekas yang diambil dari lingkungan untuk pembelajaran IPA SD
·     Mempresentaikan media pembelajaran IPA yang sudah dibuat
Mempresentasikan dan mendemonstraikan media pembelajaran IPA SD
·     Rancangan media pembelajaran IPA SD
300 menit
(3 kali pertemuan)
Asyiknya meneliti sains jilid 1, 2, dan 3 : Dr. Tik L. Liem
·   Lembar kinerja
·   Portofolio






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar